RSS

Tugas Teori Organisasi Umum 2

19 Oct

Organisasi,mungkin kita sering mendengar kata tersebut.Namun apakah kita tahu apa organisasi itu?sebagian orang menjawab kalau organisasi adalah sekumpulan orang yang mempunyai visi dan misi yang sama,ada juga yang menjawab kalau organisasi adalah beberapa orang yang berkumpul(gathering) yang mempunyai hobi atau kesukaan yang sama.Kedua pengertian tersebut lebih kurang benar karena organisasi adalah sekumpulan orang yang berkumpul yang mempunyai kesukaan di suatu bidang dan mempunyai visi dan misi untuk memajukan bidang di sukainya itu.

Saya telah membuat survey ke beberapa orang dengan menanyakan “apakah kalian pernah mengikuti suatu organisasi?”,dan sebesar 70% orang yang saya tanyakan menjawab pernah dan 30% lainnya menjawab tidak pernah atau tidak ada minat untuk bergabung dengan organisasi,malah 10% dari orang yang menjawab tidak pernah ikut organisasi,ada yang balik bertanya “ngapain sih harus ikut-ikut organisasi ?”.Spontan saya langsung menjawab apa yang ada dalam pikiran saya.Ada pepatah lama yang menyebutkan “the humans should not be that perfect,but their unperfectness made them perfect”(sudah semestinya manusia itu tidak sempurna,namun ketidaksempurnaan mereka itu menjadikan mereka sempurna).Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial dimana kita membutuhkan orang lain untuk membantu kita untuk menjalani hidup,oleh karena kita adalah makhluk sosial ada baiknya kita menjalin hubungan yang harmonis antara sesama manusia apalagi jika kita bertemu orang yang mempunyai karakter yang berbeda-beda tentunya akan banyak hal yang dapat kita pelajari dari mereka,dengan belajar dari mereka dan bertukar pendapat dengan merekalah kita dapat memiliki natural survival yang tinggi.

Seiring dengan menulis tulisan ini,saya jadi ingat akan organisasi yang saya ikuti dari dulu sampai sekarang yaitu english club.Sederhana saja kenapa saya mengikuti organisasi ini,dari kecil saya sudah mulai belajar berbahasa inggris dikarenakan saya suka mendengarkan lagu-lagu bahasa inggris yang sering di putar oleh ayah saya,bagaimana tidak?setiap hari ayah saya memutarkan lagu-lagu lawas bahasa inggris seperti the beatless,scorpions,white lions,queen,dan masih banyak lagi dan lagi saya juga suka membaca buku jadi bukannya tidak mungkin kalau dari kelas 3 sd saya sudah bisa berbahasa inggris yang benar.Di balik itu semua saya juga mempunyai impian untuk bisa mengikuti lomba bahasa inggris,akhirnya penantian saya pun gak sia-sia.Pada saat saya duduk di kelas 3 smp,saya pun ditunjuk oleh sekolah saya untuk mengikuti lomba tersebut.Ini merupakan waktu yang tepat untuk mengetahui seberapa bisanya saya berbahasa inggris.Waktu itu lomba bahasa inggris itu diadakan di sebuah Sekolah Menengah Ilmu pariwisata di sekitar daerah jakarta timur.Meskipun hanya mendapat juara ketiga tapi,saya bersyukur masih bisa masuk juara 3 besar dan membawa pulang piala,Dari situ saya berpikir untuk membuat english club juga di tempat dimana saya kursus berbahasa inggris.Akhirnya saya pun menanyakan teman-teman-teman saya di tempat kursus saya tentang ide saya,mereka pun setuju dengan ide saya.Lalu tak lama kemudian english club pun terbentuk,tujuan dibentuknya organisasi ini pada awalnya untuk saling menggali potensi yang ada dalam diri kita untuk bisa lancar berbahasa inggris dan salimg membantu teman-teman untuk lebih memperdalam lagi kemampuan berbahasa inggrisnya.

Club ini baru berjalan 3 bulan lamanya,namun telah banyak mengikuti berbagai lomba dari berbagai cabang tempat saya kursus seperti lomba menulis cerita bahasa inggris,lomba berpuisi bahasa inggris,lomba cerdas cermat bahasa inggris sampai lomba pidato bahasa inggris.dari berbagai lomba yang saya sebutkan tadi ternyata hampir di semua lomba tadi club kami mendapatkan piala dari lomba tersebut.Semua hal berjalan baik sebagaimana yang saya inginkan namun selang 2 tahun terjadi konflik intern dalam organisasi tersebut,salah seorang teman kami menjadikan club ini sebuah medan persaingan untuk menjadi yang lebih baik,ia pun tak segan-segan menjatuhkan teman 1 kelompoknya sendiri agar ia terlihat paling menonjol diantara yang lainnya.Akhirnya perlahan-lahan club kami pun bubar dan banyak teman-teman yang kecewa akibat sifat teman saya tersebut.

Saya semakin berpikir mengapa dalam suatu organisasi itu sendiri ada yang merasa ingin ditonjolkan dan di anggap hebat.Sampai saya ingin mencoba mengikuti orgnisasi lain seolah-olah ingin mengetahui apa yang dibutuhkan suatu organisasi untuk dapat terus berdiri.Akhirnya saya pun mengikuti beberapa organisasi untuk dapat belajar cara bermasyarakat dalam ruang lingkup yang lebih kecil.Saya pun akhirnya mengerti benar bagaimana organisasi itu dapat berdiri.

Saya yang semakin mengerti apa itu organisasi pun mencoba beberapa organisasi yang sesuai dengan hobi dan kesukaan saya.Sampai saya bertemu kembali dengan teman saya yang dulu pernah berada di english club dulu.Dia pun bertanya padaku apakah saya masih ingin mengikuti english club lagi atau tidak?spontan saya menjawab “yes,yes indeed!!!!!!!!”.Dia pun mengajak saya ke suatu tempat seperti perpustakaan tapi,lebih kecil.Banyak anak-anak yang bersenda gurau dengan menggunakan bahasa selain bahasa indonesia dan inggris dan ada juga yang sedang asyik membaca dan berdiskusi tentang suatu buku dan ada pula yang sedang mengajari bahasa-bahasa asing kepada anak-anak tersebut.Saya bertanya sebernarnya club apa ini?bukan hanya bahasa inggris saja yang dipakai disini pasti ini bukan sekedar english club!.Dia menjawab kalau ini adalah sebuah klub menulis.Menulis?saya sempat bingung dengan jawaban yang diberikannya,ternyata setelah saya bertanya dengan anggota-anggota disana jawaban yang mereka lontarkan kurang lebih sama adalah sama- sama ingin menulis untuk dapat membuat generasi yang akan mendatang lebih baik lagi.Lalu mengapa harus ada pelajaran bahasa?mereka spontan menjawab kita harus belajar juga bagaimana berinteraksi dengan orang yang bukan berasal dari negara yang sama karena generasi muda bukan hanya ada di indonesia saja kan?.Saya pun berbalik bertanya bukannya cukup dengan bahasa inggris saja kita bisa berinteraksi dengan mereka?.lantas apa yang ia jawab selanjutnya adalah apa yang mendasari organisasi ini mulai mempelajari berbagai bahasa,ia pun menjawab kalau ada baiknya kalau kita dapat menuliskan sebuah tulisan dengan bahasa mereka agar mereka mengerti betul tentang apa yang kita tulis ini.Dia benar mengenai hal itu,akhirnya saya menemukan organisasi yang benar-benar membuat saya tertarik untuk mengikutinya.Sebagai awalnya untuk menjadi anggota club itu saya hanya harus mengisi formulirnya dan mengikuti semua prosedurnya.Lalu,tempat kegiatan club itu berlangsung adalah tempat saya mendaftar ini .Saya sudah bisa mengikuti kegiatan yang ada di club ini setelah saya mendaftar dan menjadi anggota resminya.Saya percaya kalau organisasi yang saya ikuti kali ini pasti bisa membawa hobi saya ke suatu hal yang positif dan berguna karena kali ini saya yakin telah dibimbing oleh orang-orang yang tepat,yang mendirikannya adalah seorang penulis yang bekerja sebagai guru di sebuah smp swasta dan juga yang sering memberikan pengajaran kepada anak-anak yang tidak bersekolah dan ia sangat berantusias untuk memberikan yang terbaik demi masa depan setiap orang.Lalu tanpa sadar saya pun semakin bertanya bagaimana cara organisasi ini terus bertahan terus untuk tetap memajukan visi dan misinya?.Ketua dari klub itu menjawab kalau klub menulis ini adalah organisasi yang bebas namun teratur.

Organisai ini terbilang mempunyai struktur organisasi yang cukup unik,lain halnya dengan organisasi pada umumnya.Struktur Organisasi ini antara lain:

  • Ketua = bekerja sebagai pemimpin yang bertugas sebagai kendali atas semua pekerjaan bawahannya dan juga mempunyai hak untuk  mengetahui apa yang dikerjakan oleh bawahannya serta dapat mengambil keputusan yang terbaik untuk bawahannya.
  • Wakil ketua = bekerja sebagai pengganti ketua kalau ketua berhalangan untuk menjalankan kewajibannya dan mendapatkan haknya.
  • Bendahara = bekerja sebagai pengatur keuangan organisasi untuk membeli keperluan-keperluan organisasi tersebut.
  • Ketua komisaris = bekerja sebagai pengatur para komisaris untuk tetap menjalankan tugasnya dan juga membantu menyediakan kebutuhan organisasi termasuk mengadakan event-event.
  • Komisaris = bekerja sebagai pemimpin suatu bidang yang dikuasai dikhususkan agar dapat membimbing bawahannya untuk membuat tugasnya lebih baik.
  • Anggota = bisa dibilang ini seperti darah yang mengalir dari suatu makhluk hidup karena tanpa anggota organisasi tidak akan berjalan.

 

Sampai sekarang saya pun masih aktif di organisasi tersebut,karena dari suatu organisasi kita dapat mengenal cara bermasyarakat yang baik demi terjalinnya keharmonisan hidup.

“we write a word of peace for humanity’s futute”

 
1 Comment

Posted by on October 19, 2010 in tugas kuliah

 

One response to “Tugas Teori Organisasi Umum 2

  1. dwix

    February 21, 2011 at 1:26 pm

    thank ya

     

Leave a Reply

 
