RSS

AYO MULAI PERDALAM MINAT MEMBACA!!!!!!

23 Nov

PRINSIP-PRINSIP MEMBACA

Ada beberapa prinsip membaca yang perlu diperhatikan oleh guru

pustakawan dalam membina dan mengembangkan minat baca para siswa adalah

sebagai berikut :

 

1. Membaca merupakan proses berpikir yang kompleks

Hal ini terdiri dari sejumlah kegiatan seperti memahami kata-kata

atau kalimat yang ditulis oleh pengarang, menginterpretasikan

konsep-konsep pengarang serta menyimpulkannya.

 

2. Kemampuan membaca tiap orang berbeda-beda.

Setiap orang memiliki kemampuan membaca sendiri-sendiri

tergantung pada beberapa factor misalnya tingkatan kelas,

kecerdasan, keadaan emosi, hubungan social seseorang, latar

belakang pengalaman yang dimiliki, sikap, aspirasi, kebutuhankebutuhan

hidup seseorang, dan sebagainya.

 

3. Pembinaan kemampuan membaca atas dasar evaluasi

Pembinaan tersebut harus dimulai atas dasar hasil evaluasi terhadap

kemempuan membaca orang yang bersangkutan.

 

4. Membaca harus menjadi pengalaman yang memuaskan

Seseorang akan senang jika telah berhasil mempelajari sesuatu

dengan baik dan merasa puas atas hasil bacaannya.

 

5. Kemahiran membaca perlu keahlianyang kontinyu

Agar memiliki kemahiran membaca, ketrampilan-ketrampilan yang

dibutuhkan dalam membaca perlu diperhatikan sedini mungkin sejak

seseorang pertamakali masuk sekolah.

 

6. Evaluasi yang kontinyu dan komprehensif merupakan batu loncatan

dalam pembinaan minat baca.

Dalam kegiatan pembinaan dan pengembangan minat baca para siswa

harus selalu disertai kegiatan evaluasi karena untuk mengetahui

keberhasilan pembinaan dan pengembangan minat baca para siswa.

 

7. Membaca yang baik merupakan syarat mutlak keberhasilan belajar.

Agar memperoleh keberhasilan belajar, seseorang harus membaca

secara efisien.

 

METODE UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA

Ada empat hal yang perlu diperhatikan dalam membina minat baca

melalui pelayanan perpustakaan sekolah, yaitu :

 

1. Usaha untuk menarik pembaca

Untuk menarik pembaca agar datng ke Perpustakaan dan memiliki

kegemaran membaca hendaknya dilakukan oleh pustakwan dengan

cara :

a. Kunjungan Perpustakaan

Dengan kunjungan ini diharapkan pengunjung perpustakaan

memperoleh informasi dengan melihat sendiri dan mengamati

secara teratur sehingga mengetahui koleksi Perpustakaan dan

menimbulkan rasa ingin membaca atau meminjam buku di

perpustakaan.

b. Publikasi

Perlu adanya wadah untuk memberitahukan pada pemakai

Perpustakaan tentang adanya buku-buku baru dan buku

referensi baru. Hal ini bisa dilakukan melalui tulisan, petunjuk

brosur dan tulisan lain.

c. Pameran

Pameran dilakukan untuk memperkenalkan koleksi yang

tersedia di perpustakaan. Ada dua macam jenis pameran :

– Pameran berkala, yaitu pameran yang diadakan

secara periodik di perpustakaan. Buku-buku yang

dipamerkan harus diganti secara teratur biar tidak

membosankan.

– Pameran sementara, yaitu pameran yang diadakan

untuk sementara waktu. Pameran ini pada umumnya

penyelenggaraannya dikatkan dengan peristiwaMakalah

peristiwa khusus seperti konggres, seminar, hari

nasional, dan sebagainya.

d. Rangsangan kegiatan membaca

Untuk merangsang kegiatan membaca di sekolah perlu

diadakan diskusi, kegiatan ilmiah remaja, ceramah,

pembacaan puisi atau prosa, dan sebagainya.

 

2. Bimbingan membaca

Ada beberapa kegiatan yang perludiberikan dalam rangka

menggiatkan minat baca antara lain :

a. Pemakaian Perpustakaan

Dalam hal ini pustakawan perlu memperkenalkan macammacam

bahan pustaka dengan menerangkan bahwa tiap-tiap

bacaan mempunyai informasi yang berbeda tujuan dan

fungsinya.

b. Cara membaca yang baik dan membuat laporan

Dalam melakukan kegiatan ini ada dua cara yang perlu

diperhatikan yaitu :

– Cara membaca untuk mengerti, memakai dan

membaca cepat.

– Cara membaca dilihat dari gerak mata, posisi badan,

dan arah sinar yang baik.

 

c. Perlunya digiatkan pelajaran mengarang dan bercerita

Jika siswa-siswa diberi tugas mengarang oleh guru bahasa

mereka pasti mereka akan mencari bahan yang berhubungan

dengan tugas yang diberikan oleh guru.

 

d. Membuat kliping

Pembuatan kliping ini dapat membantu merangsang minat

baca siswa Karena dengan membuat kliping mau tidak mau

siswa harus membaca untuk mengelompokkan kliping

tersebut sesuai dengan subyeknya

.

e. Pembuatan majalah dinding

di sekolah perlu diadakan majalah dinding agar siswa dapat

berkreasi, suka membaca dan menulis.

 

f. Jam buka Perpustakaan

Jam buka Perpustakaan ini perlu ditetapkan untuk

membiasakan siswa mengunjungi Perpustakaan.

 

g. Adanya pelayanan referral

Pelayanan referral ini dilakukan dengan mengadakan

hubungan kerjasama dengan Perpustakaan lain. Jika siswa

tidak dapat menemukan informasi di Perpustakaan setempat

maka bias mencari di Perpustakaan lain.

 

h. Pembuatan karya tulis untuk kelas 3 SMU

Penulisan karya tulis ini perlu diupayakan secara terus-menerus.

 

3. Petugas Perpustakaan (Pustakawan)

Pustakwan hendaknya bersikap ramah, mempunyai disiplin kerja

yang tinggi, terbuka, suka menolong dan menyenangkan pembaca.

 

4. Fasilitas Perpustakaan

Perpustakaan yang mempunyai fasilitas yang cukup memadai akan

membawa pengaruh yang baik terhadap pemakainya. Adapun

fasilitas-fasilitas tersebut antara lain : koleksi buku yang cukup

memadai, perabot, penerangan yang cukup baik, sirkulasi udara yang

cukup baik, adanya ruang diskusi/ceramah, ruang pandang dengar,

toilet, dan sebagainya.

 

DIMENSI DAN PENGEMBANGAN MINAT BACA SISWA

Ada tiga dimensi pengembangan minat baca yang perlu dipertimbangkan

antara lain :

 

1. Dimensi edukatif pedagogik

Dimensi ini menekankan tindak tanduk motivasional apa yang

dilakukan oleh para guru di kelas, untuk semua bidang studi yang

Artikel Pustakawan | Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM) 7 | Page

pada akhirnya para siswa tertarik dan memiliki minat terhadap

kegiatan membaca untuk tujuan apa saja. Karena pengajaran saat ini

adalah berpusat pada anak didik maka pengembangan minat baca

hendaknya dimulai dari aktivitas belajar sehari-hari di kelas.

2. Dimensi sosio cultural

Dimensi ini mengandung makna bahwa minat baca siswa dapat

digalakkan berdasarkan hubungan social dan kebiasaan anak didik

sebagai anggota masyarakat, misalnya dalam masyarakat

paternalistic, orang tua atau pemimpin slalu menjadi panutan. Jika

yang dijadikan panutan memiliki minat baca yang tinggi, maka dapat

diprediksi bahwa anak juga dengan sendirinya terbawa situasi

tersebut, artinya anak akan memiliki kegemaran membaca juga.

 

3. Dimensi perkembangan psikologis

Anak usia sekolah pada jenjang SLTP (usia 13-15 tahun) merupakan

usia anak menjelang remaja, tahap akhir masa ini didominasi oleh

fungsi penalaran secara intelektual (Soemanto, 1987). Pada masa ini

perlu dipertimbangkan secara sungguh-sungguh dalam upaya

memotivasi kegemaran membaca siswa.

Dimensi-dimensi untuk mewujudkan strategi pengembangan minat dan

kegemaran membaca

NO DIMENSI  STRATEGI PENGEMBANGAN MOTIVATOR

1. Edukatif Pedagogik Perlu dilatih metode dan teknik membaca yang

efisien.Program tugas membaca disertai membuat laporan. Program membaca wajib bersifat ekstra kurikuler Guru Bahasa Guru Bidang Studi Kepala Sekolah Lomba penulisan karya ilmiah, pengadaan majalah siswa, dan majalah dinding Kepala Sekolah/Diknas

 

2. Sosio Kultural Memotivasi orang tua siswa agar memberi contoh kegiatan membaca dan menyediakan fasilitas yang menunjang.Dibentuk kelompok membaca berdasarkan minat siswa /Guru Pembimbing/Kepala Sekolah /OSIS

3. Psikologis Perlu diadakan bacaan yang selaras sesuai dengan kebutuhan melalui

perpustakaan.Kepala Sekolah /Pustakawan

 

PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MEMBINA MINAT BACA ANAK

DIDIK

Perpustakaan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membina

dan menumbuhkan kesadaran membaca. Kegiatan membaca tidak bias dilepaskan

dari keberadaan dan tersedianya bahan bacaan yang memadai baik dalam jumlah

maupun dalam kualitas bacaan. Peran yang dapat dilakukan oleh Perpustakaan

dalam menciptakan tumbuhnya kondisi minat baca di lingkungan sekolah adalah

sebagai berikut :

 

1. Memilih bahan bacaan yang menarik bagi pengguna Perpustakaan.

2. Menganjurkan berbagai cara penyajian pelajaran di sekolah yang

dikaitkan dengan tugas-tugas di Perpustakaan.

3. Memberikan berbagai kemudahan dalam mendapatkan berbagai

bacaan yang menarik untuk pengguna Perpustakaan.

4. Memberikan kebebasan membaca secara leluasa kepada pengguna

Perpustakaan.

5. Perpustakaan perlu dikelola dengan baik agar pengguna merasa betah

dan senang berkunjung ke Perpustakaan.

6. Perpustakaan perlu melakukan berbagai promosi kepada masyarakat

berkaitan dengan pemanfaatan Perpustakaan dan berkaitan dengan

peningkatan minat dan kegemaran membaca siswa.

7. Menanamkan kesadaran dalam diri pemakai Perpustakaan bahwa

membaca sangat penting untuk mencapai keberhasilan sekolah.

8. Melakukan berbagai kegiatan seperti lomba minat dan kegemaran

membaca untuk anak sekolah. Lomba ini biasanya diadakan oleh

Perpustakaan sekolah bekerjasama dengan Departemen Pendidikan

Nasional, atau dengan Perpustakaan Umum.

9. Menjadikan bulan Mei setiap tahun sebagai bulan buku nasional.

Pada kesempatan ini Perpustakaan bias melakukan pameran buku

atau kegiatan lain yang menunjang bulan buku nasional.

10. Memberikan penghargaan kepada siswa yang paling banyak

meminjam buku di Perpustakaan dalam kurun waktu tertentu

misalnya tiap catur wulan atau sekali dalam satu tahun.

 
1 Comment

Posted by on November 23, 2010 in article

 

One response to “AYO MULAI PERDALAM MINAT MEMBACA!!!!!!

  1. pesankaosonline

    February 14, 2011 at 9:01 am

    Selamat dan sukses, semoga selalu dimudahkan jalannya. dan yang pasti beranjangsana serta silaturahmi merupakan pembuka pintu rejeki.

    terima kasih banyak, support dan simpati buat blog ini, Jaya dan Maju … Sukses …

    dari albahaca production, 0815 7020 271
    http://pesankaosonline.wordpress.com

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: